Pendidikan

Galaunya Pendidikan Indonesia

            Kurang lebih satu pekan yang akan datang program sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan akan segera dimulai kembali. Tentunya dari program ini akan lahir guru-guru yang memiliki kompetensi yang layak di bidang mereka masing-masing. Sehingga nantinya harap akan meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia segera terwujud.

Namun, marilah kita melihat pada realita yang ada sekarang ini, bahwa pendidikan di Indonesia masih sangat dibawah standar. Mulai dari segi fasilitas, tenaga pengajar, dan dana pendidikan, semuanya masih kurang di beberapa sekolah, khususnya di daerah pelosok.

Untuk itu, pendidikan di Indonesia dapat kita katakan masih “Galau” untuk menentukan  apa yang harus dilakukan dalam menghadapi berbagai masalah yang ada sekarang ini. Pendidikan Indonesia harus dapat keluar dari masa “Galau” ini agar tidak terlalu lama dalam ruang lingkup masalah yang sama setiap tahunnya.

Indonesia sepertinya memang harus melakukan perubahan dalam sistem yang ada sekarang ini. Hal itu berangkat dari pemikiran tentang hukum sebab-akibat yang menyebutkan bahwa suatu akibat hanya akan berubah jika sebabnya diubah terlebih dahulu. Dengan kata lain, jika kita ingin keluar dari masalah pendidikan sekarang ini dengan menggunakan metode penyelesaian yang sama dengan yang telah dilakukan sebelumnya maka, akan menjadi hal yang sia-sia dilakukan.  Untuk itu, sangat perlu dilakukan sebuah perubahan pada sistem yang ada sekarang ini.

Di berbagai media kita sering melihat betapa banyaknya sekolah di daerah pelosok yang hampir rubuh karena tidak pernah direnovasi. Begitu banyak pula sekolah yang hanya memiliki tiga orang guru, sedangkan mereka harus menangani begitu banyak siswa dalam satu sekolah tersebut. Inilah gambaran masalah pendidikan yang sekarang dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia.

Pendidikan Indonesia harus keluar dari masa “Galau” yang dihadapinya. Melakukan analisis dan observasi kebutuhan pendidikan, yang kemudian dapat menghasilkan sebuah gambaran permasalahan untuk kemudian dapat dirumuskan bersama tentang cara penanganannya agar dapat memperbaharui metode lama yang dulunya dipakai.

Fokus Pendidikan

Jika kita ingin mencapai sebuah tujuan maka, kita tidak boleh terhalangi terlalu lama oleh penghalang yang ada. Hal itu hanya akan membuat kita melupakan tujuan kita yang sebenarnya. Tetap fokus terhadap apa yang telah menjadi tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, tanpa terlalu lama terhalangi oleh masalah-masalah yang ada.

Jepang dapat bangkit dari kehancuran pasca bom atom karena mereka fokus pada satu titik yakni pendidikan. Hal itu karena mereka menyadari tentang pentingnya peran pendidikan dalam membangun bangsa. Apakah Indonesia harus terkena bom atom dulu baru bisa seperti Jepang ?

Tentunya kita harus bersama-sama menyikapi hal ini, baik dari pihak pemerintah, masyarakat, dan kalangan pendidik. Masalah-masalah pendidikan yang ada sekarang ini harus dapat kita hadapi bersama-sama. Jangan sampai tujuan pendidikan nasional kita lupakan hanya karena masalah-masalah yang ada. Untuk itu, mari bersama-sama merancang metode baru dalam usaha mengeluarkan Indonesia dari masa “Galau” yang berkepanjangan.

Iklan

1 Komentar

    Trackbacks

    1. Galaunya Pendidikan Indonesia « Insan Sidenreng

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: