Kenapa harus SM-3T?


Saya paham dan mengerti mengapa banyak diantara teman-teman yang telah memegang gelar Sarjana Pendidikan lebih memilih banting stir ke pekerjaan lain daripada harus jadi guru. Jawabannya adalah motif ekonomi, keinginan untuk segera ‘menghasilkan’ sangat besar dan tidak mau menjadi beban dari keluarga serta motivasi untuk sukses secepatnya menjadi faktor terbesar dari fenomena tersebut.

Tidak ada larangan untuk banting stir diluar basic kesarjanaan kita. Tidak masalah kalau kita ingin berkarir di dunia yang lebih menjanjikan dari dunia pendidikan. Hanya saja dalam hati sanubari saya tidak merasa rugikah jika kuliah 4 tahun mempelajari ini dan itu tapi pada akhirnya ilmu itu tidak digunakan.

Allah subhanahu wata’ala memberikan saya peluang untuk tidak banting stir melalui SM-3T. Mendidik anak-anak bangsa di pelosok negeri, memang berat. Seperti kata orang bijak “Kopi boleh pahit, tapi hidupmu jangan”. ‘Pahit’nya hidup di pedalaman akan berubah menjadi manis ketika kita menemukan keseruan di dalamnya.

Bagi saya, guru adalah salah satu pekerjaan paling mulia. Kitalah yang langsung terjun ke garda terdepan negara ini dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan dosen, bukan bupati/wali kota. bukan kepala dinas, tapi Guru!. Merekalah yang sejatinya mencerdaskan anak bangsa.

20160711_172024Selain berkesempatan menjadi guru di pedalaman, SM-3T juga memberikan kita kesempatan langka untuk melihat dan memahami berbagai budaya yang ada di Indonesia. Suku Dayak yang ada di Kalimantan dahulu hanya sebuah kata yang terlintas dalam kepala ku tentang bentuk, budaya, adatnya. Namun kini saya hadir, saya bersama dengan mereka, belajar dari mereka di kampung yang sinyalnya kadang hilang, dan listrik hanya menyala di malam hari.

img_20160711_173510Kesempatan pula bertemu orang-orang hebat. Berdiskusi dan berbagi ilmu dengan banyak orang adalah hal sangat saya sukai. SM-3T memberikan kesempatan itu. Bagi saya, apa yang saya miliki sekarang ini belum ada apa-apanya dibanding orang lain.

img_20160628_110829

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: